Review Jurnal Segmentasi Pasar dan Analisis Demografi
Oleh : Siti Nurkomalasari Oktaviani
Judul : “SEGMENTASI PASAR
BERDASARKAN DEMOGRAFI TERHADAP PRODUK MOBIL NISSAN PADA PT. WAHANA WIRAWAN
MANADO”
Penjelasan :
PT. Wahana Wirawan adalah sebuah
perusaan otomotif yang berada di kota Manado, Sulawesi Utara. PT ini menjual
berbagai produk mobil Nissan, diantaranya : Mobil Nissan Grand livina , Nissan March, Nissan X
trail. Dalam jurnal ini penulis berupaya untuk melihat bagaimana analisis
segmentasi pasar berdasarkan demografis efektif dalam proses pilihan konsumen
pada mobil Nissan. Maka dari itu, penulis melakukan penelitian dengan cara
mengumpulkan data. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi,
sekumpulan data yang bersifat angka angka atau bilangan menyangkut tanggapan
responden dalam hubungan dengan segmentasi pasar berdasarkan demografi. Sumber
data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data
sekunder. Data primer sendiri adalah data yang diperoleh langsung dari
responden konsumen yang melakukan pembelian Mobil Nisan pada PT. Wahana Wirawan
Manado. Sedangkan data Sekunder adalah data yang telah tersedia pada perusahaan
yang menjadi obyek penelitian atau diperoleh dari pihak lain yang berhubungan
dengan penelitian ini. Populasi penelitian berjumlah 808 (jumlah mobil terjual
sama dengan jumlah orang yang membeli mobil Nisan, responden sebanyak sebanyak
320 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling.
Sampel dipilih konsumen dengan karakteristik tertentu yang diketahui, dengan
tujuan untuk mendapatkan dan menjamin keakuratan penelitian.
Daftar
pertanyaan (kuisioner) yang dibagikan, berorientasi pada segmentasi demografi
atas pemilihan produk mobil. Segmentasi yang dimaksudkan meliputi : umur;
tingkat pendapatan; dan tingkat pendidikan. Sedangkan pemilihan produk Mobil
didasarkan pada keseluruhan yang didistribusikan PT. Wahana, meliputi Mobil
Nissan Grand livina , Nissan March, Nissan X trail. Khusus untuk Produk, dalam
pelaksanaan penelitian dibagi kedalam 3 (tiga), yaitu: Usia Umur 20 tahun:
Nissan March, Usia 30 tahun : Nissan Grand Livina, Usia 45 tahun : Nissan X
trail. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan-hubungan segmentasi demografis
(umur, tingkat pendapatan dan pendidikan), terhadap pemilihan produk mobil,
maka dalam pelaksanaan penelitian peneliti menggunakan analisa uji kebebasan (X2). Dari data yang diperoleh, hasil
penelitian menunjukkan segmentasi demografis berdasarkan tingkat umur dan
pendapatan memiliki hubungan yang signifikan terhadap umur dan pendapatan
tertentu memiliki hubungan yang nyata dalam memilih produk Mobil sebaliknya
segmentasi demografis berdasarkan tingkat pendidikan tidak miliki hubungan yang
signifikan terhadap pemilihan produk mobil. Artinya, pada tingkat pendidikan
apapun tidak akan mempengaruhi pemilihan mobil.
PT.
Wahana Wirawan Manado dalam menjalankan kegiatan pemasarannya menggunakan
lembaga perantara penyalur khusus dan pedagang besar serta pengecer untuk
menyalurkan produknya sampai ke konsumen sasaran. Pihak perusahaan menggunakan
penyalur khusus dengan pembelian dalam skala kuantitas yang besar. Pedagang
besar sebagai perantara yang meneruskan ke pengecer dan konsumen sasaran
sebagai pemakai akhir. Hal ini dilaksanakan khusus untuk wilayah pemasaran
Manado, Bolmong, Minahasa, Gorontalo, dan Bitung.
Pada
dasarnya keberhasilan perusahaan di dalam memasarkan produksinya, sangat
ditentukan oleh ketetapan strategi yang dipakainya. Dalam persaingan yang
semakin kompetitif, penerapan strategi harus sesuai dengan kebutuhan pasar
sasaran. Untuk itu manajemen perusahaan harus memahami dengan tepat setiap
karakteristik pasar yang dimasukinya. Adapun kebijakan promosi yang diterapkan
sebagai strategi oleh PT. Wahana Wirawan, meliputi : Periklanan (Advertising),
Promosi
Penjualan, Penjualan
Tatap Muka, Publisitas, maupun Pemasaran langsung.
Perkembangan volume
penjualan dalam satuan unit produk terjual untuk kurun waktu empat tahun
terakhir. Unit produk yang dimaksud dalam pelaksanaan penelitian merupakan
keseluruhan permintaan aktual akan produk Mobil Niisan yang didistribusikan PT.
Wahana, dinyatakan dalam satuan unit. Total volume penjualan produk Mobil
Nissan PT. Wahana, menunjukkan arah peningkatan sejak tahun 2008 sampai dengan
2011. Dengan demikian volume penjualan Mobil Nisan berfluktuasi dengan
kecenderungan terjadi peningkatan volume penjualan mobil Nisan pada PT. Wahana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar