Jumat, 17 Oktober 2014

Review Jurnal, Tugas Perilaku Konsumen

Review Jurnal Segmentasi Pasar dan Analisis Demografi
Oleh : Siti Nurkomalasari Oktaviani

Judul        : “SEGMENTASI PASAR BERDASARKAN DEMOGRAFI TERHADAP PRODUK MOBIL NISSAN PADA PT. WAHANA WIRAWAN MANADO”
Penjelasan :
PT. Wahana Wirawan adalah sebuah perusaan otomotif yang berada di kota Manado, Sulawesi Utara. PT ini menjual berbagai produk mobil Nissan, diantaranya : Mobil Nissan Grand livina , Nissan March, Nissan X trail. Dalam jurnal ini penulis berupaya untuk melihat bagaimana analisis segmentasi pasar berdasarkan demografis efektif dalam proses pilihan konsumen pada mobil Nissan. Maka dari itu, penulis melakukan penelitian dengan cara mengumpulkan data. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, sekumpulan data yang bersifat angka angka atau bilangan menyangkut tanggapan responden dalam hubungan dengan segmentasi pasar berdasarkan demografi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer sendiri adalah data yang diperoleh langsung dari responden konsumen yang melakukan pembelian Mobil Nisan pada PT. Wahana Wirawan Manado. Sedangkan data Sekunder adalah data yang telah tersedia pada perusahaan yang menjadi obyek penelitian atau diperoleh dari pihak lain yang berhubungan dengan penelitian ini. Populasi penelitian berjumlah 808 (jumlah mobil terjual sama dengan jumlah orang yang membeli mobil Nisan, responden sebanyak sebanyak 320 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Sampel dipilih konsumen dengan karakteristik tertentu yang diketahui, dengan tujuan untuk mendapatkan dan menjamin keakuratan penelitian.
Daftar pertanyaan (kuisioner) yang dibagikan, berorientasi pada segmentasi demografi atas pemilihan produk mobil. Segmentasi yang dimaksudkan meliputi : umur; tingkat pendapatan; dan tingkat pendidikan. Sedangkan pemilihan produk Mobil didasarkan pada keseluruhan yang didistribusikan PT. Wahana, meliputi Mobil Nissan Grand livina , Nissan March, Nissan X trail. Khusus untuk Produk, dalam pelaksanaan penelitian dibagi kedalam 3 (tiga), yaitu: Usia Umur 20 tahun: Nissan March, Usia 30 tahun : Nissan Grand Livina, Usia 45 tahun : Nissan X trail. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan-hubungan segmentasi demografis (umur, tingkat pendapatan dan pendidikan), terhadap pemilihan produk mobil, maka dalam pelaksanaan penelitian peneliti menggunakan analisa uji kebebasan (X2). Dari data yang diperoleh, hasil penelitian menunjukkan segmentasi demografis berdasarkan tingkat umur dan pendapatan memiliki hubungan yang signifikan terhadap umur dan pendapatan tertentu memiliki hubungan yang nyata dalam memilih produk Mobil sebaliknya segmentasi demografis berdasarkan tingkat pendidikan tidak miliki hubungan yang signifikan terhadap pemilihan produk mobil. Artinya, pada tingkat pendidikan apapun tidak akan mempengaruhi pemilihan mobil.
PT. Wahana Wirawan Manado dalam menjalankan kegiatan pemasarannya menggunakan lembaga perantara penyalur khusus dan pedagang besar serta pengecer untuk menyalurkan produknya sampai ke konsumen sasaran. Pihak perusahaan menggunakan penyalur khusus dengan pembelian dalam skala kuantitas yang besar. Pedagang besar sebagai perantara yang meneruskan ke pengecer dan konsumen sasaran sebagai pemakai akhir. Hal ini dilaksanakan khusus untuk wilayah pemasaran Manado, Bolmong, Minahasa, Gorontalo, dan Bitung.
Pada dasarnya keberhasilan perusahaan di dalam memasarkan produksinya, sangat ditentukan oleh ketetapan strategi yang dipakainya. Dalam persaingan yang semakin kompetitif, penerapan strategi harus sesuai dengan kebutuhan pasar sasaran. Untuk itu manajemen perusahaan harus memahami dengan tepat setiap karakteristik pasar yang dimasukinya. Adapun kebijakan promosi yang diterapkan sebagai strategi oleh PT. Wahana Wirawan, meliputi : Periklanan (Advertising), Promosi Penjualan, Penjualan Tatap Muka, Publisitas, maupun Pemasaran langsung. Perkembangan volume penjualan dalam satuan unit produk terjual untuk kurun waktu empat tahun terakhir. Unit produk yang dimaksud dalam pelaksanaan penelitian merupakan keseluruhan permintaan aktual akan produk Mobil Niisan yang didistribusikan PT. Wahana, dinyatakan dalam satuan unit. Total volume penjualan produk Mobil Nissan PT. Wahana, menunjukkan arah peningkatan sejak tahun 2008 sampai dengan 2011. Dengan demikian volume penjualan Mobil Nisan berfluktuasi dengan kecenderungan terjadi peningkatan volume penjualan mobil Nisan pada PT. Wahana.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar