Senin, 31 Desember 2012

tugas ibd 1


Mata Kuliah                    :              Ilmu Budaya Dasar
Pokok Bahasan             :              Manusia dan Kebudayaan
Nama                                   :              Siti Nurkomalasari Oktaviani
NPM                                     :              17212078
Kelas                                    :              1EA08

                Bila kita membicarakan manusia, pastilah kita akan membicarakan soal kebudayaan. Mengapa? Karena manusia dan kebudayaan memiliki keterkaitan yang cukup erat. Kebudayaan tercipta dari gagasan yang ada dalam fikiran manusia atau kesatuan tindakan manusia dalam suatu kelompok masyarakat tertentu. Wujud dari kebudayaan yang dibuat oleh manusia dapat dilihat dari benda-benda hasil karya manusia, pandangan hidup manusia, dan lain-lain.
Kebudayaan biasanya menjadi penuntun, pedoman, bahkan mungkin suatu hal yang menentukan perilaku manusia. Kebudayaan juga biasanya berada disekelompok orang yang memiliki persamaan seperti tempat tinggal bahasa dan adat istiadat. Kebudayaan diwariskan dari generasi yang lebih tua ke generasi muda. Namun seiring berjalannya waktu, pengaruh lingkungan dan pengaruh masyarakat dapat merubah kebudayaan.
Dizaman sekarang , dimana teknologi semakin canggih ini memungkinkan manusia dapat berkomunikasi lebih luas dengan masyarakat luar. Hal ini membawa manusia pada pengaruh-pengaruh yang ada. Contohnya, manusia mulai meninggalkan kebudayaan mereka dan beralih kebudayaan orang lain yang mungkin belum tentu membawa dampak lebih baik dibanding kebudayaannya sendiri. Tapi meskipun demikian manusia takkan luput dari kebudayaan, karena kebudayaan mungkin akan tetap ada disetiap kehidupan manusia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar