Senin, 31 Desember 2012

tugas ibd 8


Nama                                       : Siti Nurkomalasari Oktaviani
NPM                               : 17212078
Kelas                               : 1EA08
Tugas                              : Ilmu Budaya Dasar
Pokok Pembahasan         : Manusia dan tanggung jawab


          Tanggung jawab menurut saya adalah suatu sikap bijak yang tak mudah dilakukan tapi wajib dilakukan dan sudah seharusnya dimiliki setiap manusia tanpa terkecuali. Setiap manusia baik laki-laki maupun perempuan pasti memiliki tanggung jawab, walaupun mungkin tingkat tanggung jawab yang dilakukan berbeda. Banyak hal didunia ini yang memerlukan tanggung jawab, karena tanggung jawab juga merupakan tugas berat yang nantinya baik maupun buruk resikonya akan kita dapatkan. Sebuah tanggung jawab membutuhkan keseriusan. Tidak ada kata main-main. Dan jangan sampai kita termasuk orang yang lari dari tanggung jawab. Salah satu contoh bentuk tanggung jawab adalah seorang ayah yang bekerja keras banting tulang mencari nafkah untuk keluarga. Meski hujan, ataupun panas ia lalui tanpa mengenal lelah. Tak ada kata terbebani dalam benaknya. Karena ia berfikir itulah bentuk tanggung jawabnya.
         
Seberat apapun sebuah tanggung jawab, kita haruslah berusaha terlebih dahulu. Karena disetiap perjalanan hidup kita, pasti kita akan menghadapi yang namanya tanggung jawab. Entah tanggung jawab terhadap Tuhan yang salah satunya diwujudkan dengan perbuatan kita menjaga apa yang Ia berikan. Tanggung jawab terhadap Negara/bangsa, tanggung jawab terhadap diri sendiri, tanggung jawab terhadap keluarga maupun tanggung jawab terhadap masyarakat, yang tidak bisa kita abaikan begitu saja. Tanggung jawab itu mungkin merupakan penguji untuk setiap manusia agar mengetahui sebesar apa kita melakukan tanggung jawab kita dengan baik. Seringkali tanggung jawab yang kita lakukan membutuhkan pengorbanan. Tapi biarlah, karena disitulah bukti bahwa kita seorang yang bertanggung jawab terlihat, dan orang lain yang merasakan tanggung jawab kitapun akan yakin dan akan memberi kepercayaan yang lebih kepada kita.
         
Maka dari itu tanamkan sikap tanggung jawab anda sejak dini. Tak perlu kita takut akan resiko yang kita dapat. Pujian maupun celaan haruslah kita terima dengan lapang dada. Karena kelak nantinya diakhiratpun kita akan mempertanggung jawabkan semua amalan yang telah kita lakukan. Jagalah dan laksanakan tanggung jawab dengan baik. Untuk menjadi seorang yang berhasil, butuh pribadi yang memiliki tanggung jawab tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar