Senin, 31 Desember 2012

tugas ibd 6


Nama                                       : Siti Nurkomalasari Oktaviani
NPM                               : 17212078
Kelas                               : 1EA08
Tugas                              : Ilmu Budaya Dasar
Pokok Pembahasan         : Manusia dan Keadilan

        Menurut saya, Keadilan adalah suatu keadaan dimana setiap manusia dapat merasakan diperlakukan sama, tidak dibeda-bedakan, tanpa terkecuali. Keadilan itu dapat membawa ketenangan. Keadilan harus dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari demi menjaga ketentraman bersama. Setiap manusia dimuka bumi ini layak untuk mendapatkan keadilan, entah mengenai keadilan dalam hukuman, keadilan dalam kelayakan hidup,  keadilan dalam mengemukakan pendapat maupun yang lainnya. Keadilan harus dilandasi dengan kejujuran. Karena kejujuran adalah hal utama yang mempengaruhi keadilan. Apabila ada kecurangan dalam pengambilan keputusan suatu permasalahan pasti akan merugikan suatu pihak dan ketidak adilan yang berbicara.

          Dizaman sekarang ini sudah banyak ketidak adilan yang dapat kita lihat. Dimulai dari hal kecil yang menyangkut perorangan maupun hal besar yang menyangkut orang banyak. Contohnya korupsi di Indonesia, suatu pihak yang merasa diuntungkan dari korupsi merasa bangga, tidak takut bahkan tidak malu lagi melakukan perbuatan yang sebenarnya sangat merugikan orang banyak. Mereka lebih mementingkan keuntungan pribadinya demi kesenangan hidup. Mereka nampak egois, dan serakah. Tidak memikirkan orang kecil yang lebih membutuhkan apa yang mereka dapatkan tersebut. Mereka membelakangkan hukuman yang mereka pasti akan dapatkan kelak. Karena mereka berfikir apa yang mereka dapatkan bisa meringankan hukuman yang mereka dapat. Dan mungkin hukuman yang mereka dapat tidak membuat efek jera. Pemulihan nama baikpun tak terlalu mereka hiraukan, mungkin mereka nampak tidak peduli apa kata orang.

          Contoh diatas barulah sebagian kecil dari contoh macam-macam ketidak adilan. Karena dizaman sekarang,ketidak adilan sudah menjadi hal yang biasa dirasakan setiap manusia khususnya kalangan menengah kebawah. Orang besar yang berkuasa cukup banyak yang tidak memandang orang kecil disekitarnya. Maka dari itu kita harus memperbaiki semuanya. Mulailah dari diri kita sendiri. Tanamkan kejujuran, dan berlakulah adil disetiap tindakan yang kita lakukan. Biarkan orang lain yang melihat merasakan manfaatnya, agar mereka juga dapat ikut memperbaiki semuanya. Kuatkan hati dari godaan yang terus menghantui. Yakini perbuatan yang kita lakukan takkan sia-sia, biar Sang Pencipta yang membalas semua yang pernah dilakukakn tiap manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar