Senin, 31 Desember 2012

tugas ibd 3


Nama                    : Siti nurkomalasari oktaviani
NPM                    : 17212078
Kelas                     : 1EA08
Tugas                    : IBD
Pokok Bahasan : Manusia dan Cinta kasih
               
                Cinta kasih? Menurut saya cinta adalah perasaan yang cukup mendalam karena adanya ketertarikan namun cukup rumit untuk diungkapkan. Maka dari itu banyak yang mengungkapkan cinta itu datang tiba-tiba, dari mata turun kehati.  Sedangkan kasih ataupun kasih sayang merupakan perasaan cinta yang tulus dari hati yang terlahir karena adanya belas kasih. Kasih tidak mengharapkan balasan, karena kasih lebih mementingkan kebahagiaan seseorang yang ia kasihi. Bila dilihat dari pengertian tersebut cinta dan kasih tidaklah jauh berbeda. Karena keduanya sama-sama menyangkut perasaan dan berasal dari hati. Semua manusia diciptakan memiliki hati, salah satu fungsi hati tersebut adalah untuk merasakan apa yang orang lain rasakan. Hati itu dapat membuat seseorang berfikir apa yang telah mereka perbuat, sehingga mereka dapat menjaga perkataan, tingkah laku ataupun yang lainnya yang mungkin dapat menyakiti sesamanya.
                Allah mendatangkan cinta kasih dibumi bukan hanya untuk diterapkan kepada sesamanya, namun bagi umat muslim cinta kasih juga sepantasnya diberikan kepada Allah, malaikat, nabi dan rasul, bahkan kitab allah. Tiada manusia yang tidak merasakan cinta kasih. Maka dari itu cinta kasih sudah menjadi hal yang biasa kita dengar. Bahkan  dizaman sekarang ini cinta kasih mungkin tak asing lagi bagi kalangan yang masih dibawah umur, mereka memang sudah sepantasnya mengenal cinta kasih, tapi sebetulnya ada batasan-batasan yang harus mereka ketahui. Cinta kasih yang sepatutnya mereka ketahui adalah cinta kasih kepada orang tua, keluarga, agama, yang pasti masih berada pada batas kewajaran. Tapi entah mengapa semakin canggihnya teknologi, semakin majunya perkembangan dunia, cinta kasih sering disalah artikan khususnya dikalangan remaja muda. Sebagian dari mereka menganggap cinta kasih itu menjadi suatu hal yang harus mereka miliki, namun cinta kasih yang mereka cari itu hanya semata-mata mengikuti apa yang mereka inginkan, tanpa mengetahui makna sebenarnya dan fungsi dari cinta kasih.
                Sebagai generasi muda sudah sepatutnya kita dapat berfikir dewasa. Mengetahui mana yang baik dan mana yang tidak. Jangan menyalah artikan makna cinta kasih, yang mungkin dapat menjerumuskan kita kepada hal negative. Mungkin memang memperbaiki keadaan sekarang ini tidaklah mudah, tapi bila ada kemauan dan usaha disetiap diri manusia pasti semuanya akan terasa lebih ringan. Jadi mulailah dari diri sendiri, dan bawalah contoh baik untuk disebarkan kesetiap diri orang lain. Karena generasi setelah kitalah yang akan melanjutkan apa yang kita lakukan sebelumnya. Tidak ada kata tidak munkin sebelum kita berusaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar