Senin, 31 Desember 2012

tugas ibd 11


Nama                                       : Siti Nurkomalasari Oktaviani
NPM                               : 17212078
Kelas                               : 1EA08
Tugas                              : Ilmu Budaya Dasar
Pokok Pembahasan         : Manusia, Hidup dan Mati

          Hidup dan Mati adalah suatu keadaan yang pasti terjadi pada semua makhluk hidup, salah satunya manusia. Hidup dan mati adalah kehendak Sang Pencipta, tak ada yang bisa menghindarinya. Manusia terlahir didunia ini sebagai khalifah, yang memiliki banyak amanah dalam hidupnya. Salah satunya adalah menjaga alam semesta yang diciptakan sang Pencipta. Dengan cara memanfaatkan hasil alamnya dengan tidak berlebihan tanpa harus merusaknya. Maka dari itu salah satu pengertian hidup adalah menjaga amanah. Karena hidup bukan hanya semata-mata untuk mencari kesenangan. Namun hidup adalah suatu perjalanan dimana setiap tindakan maupun semua tentang diri kita akan dipantau, dinilai, dan bahkan dipertanggung jawabkan. Menurut saya hidup itu adalah sebuah permainan dimana manusia disini menjadi salah satu pemain utama. Dalam permainan, pemain hanya memiliki waktu singkat. Namun disinilah kita harus menjadi pemain terbaik yang dapat memanfaatkan waktu yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya untuk berlomba-lomba meraih apa yang ditawarkan.
          Mati? Mati menurut saya adalah waktu dimana berakhirnya kehidupan seseorang didunia dikarenakan jasad yang sudah tak menyatu dengan ruh. Kematian itu pasti akan datang. Mesti tak ada seorangpun yang tau kapankah kedatangannya. Siap atau tidak seseorang menghadapi kematian bukan suatu penghalang datangnya kematian. Kapanpun kedatangannya kita harus siap. Mati itu juga awal dari pertanggung jawaban. Pertanggung jawaban atas semua perbuatan yang telah dilakukan seseorang selama hidup. Maka dari itu dapat disimpulkan, bahwa hidup dan mati sangat berkaitan erat. Sesuatu yang hidup pasti akan mati, dan sesuatu yang telah mati kelak akan dihidupkan kembali.
          Sekarang, disaat kita sedang merasakan kehidupan ini, cobalah renungkan segala kesalahan yang telah kita perbuat. Mulailah perbaiki kesalahan dengan sesuatu hal yang baik. Jangan sia-siakan waktu yang telah diberikan sang pencipta. Perbanyak beribadah, dan jagalah apa yang telah titipkanNya kepada kita. Jangan hanya mengejar kesenangan dunia karena kita didunia hanya sementara. Kehidupan yang kekal adalah di alam baka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar