Senin, 31 Desember 2012

tugas ibd 2


Nama  :           Siti Nurkomalasari Oktaviani
NPM    :           17212078
Kelas   :           1EA08
Tugas  :           Ilmu Budaya Dasar
Pokok Pembahasan   :           Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam Kesusastraan

                Sastra  berasal dari kata castra yang berarti tulisan. Sastra dalam arti khusus adalah ekspresi gagasan atau perasaan manusia yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Bila kita mendengar kata sastra mungkin kita akan mengkaitkannya dengan kata seni, karena sastra mungkin terlahir dari seni pemikiran manusia. Sedangkan kesusastraan dapat diartikan tulisan yang baik atau bagus, baik dari segi bahasa, bentuk, maupun isinya. kesusastraan membuat pencerahan atas konflik mengenai konsep konsep kehidupan dan budaya manusia dengan membawa nilai estetis yang baik dan menimbulkan keserasian bersama.
                Berbicara mengenai konsepsi Ilmu budaya dasar dalam kesusastraan, pastilah kita akan menghubungkannya dengan prosa dan puisi. Prosa ialah karya sastra dalam bentuk bahasa yang terurai tidak terikat oleh rima, ritma, jumlah baris dan sebagainya. Istilah prosa biasanya kita kenal dengan fiksi dan tidak jarang sering diartikan sebagai cerita rekaan ataupun sebagai cerita. Sebagai seni yang ditampilkan dalam bentuk cerita, pasti dan harus dalam karya sastranya mengandung nilai-nilai moral, pesan, dan berbagai cerita. Adapun nilai-nilai yang seharusnya didapat dari membaca prosa fiksi adalah menyampaikan kesenangan, pemberitahuan, peninggalan kultural, dan keseimbangan pengetahuan.
                Sedangkan puisi adalah rangkaian kata-kata indah yang penuh makna didalamnya. Jika dibaca dengan penghayatan baik dan ekspresi yang sesuai akan menampakkan seni yang indah. Puisi termasuk seni sastra, sastra itu itu termasuk kesenian, dan kesenian itu merupakan kebudayaan. Didalam Ilmu Budaya dasar kita menemukan penyajiaan puisi,dan yang mendasarinya diantaranya adalah pengalaman hidup seseorang, kesadaran seseorang, bahkan mungkin inspirasi / khayalan seseorang. Dari data diatas dapat dipastikan konsepsi ilmu budaya dasar sangat mempengaruhi kesusastraan, baik dalam hal penyampaiannya seperti tutur kata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar